Gambar Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dan STAI Al Bayan Kerja Sama Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi

Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dan STAI Al Bayan Kerja Sama Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi

UIN Alauddin Online - Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Bayan. Kedua instansi perguruan tinggi ini menyepakati kerja sama strategis pelaksanaan pendidikan tinggi.

Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Prof Abustani Ilyas dan Ketua STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar Abdul Kadir MA menandatangani perjanjian kerja sama tersebut, di Kampus UIN Alauddin Makassar, Samata, Kabupaten Gowa, Kamis (2/5/2024).

Penandatanganan perjanjian kerja sama turut disaksikan oleh ketua dan sekertaris jurusan UIN Alauddin yang terkait, Suwito Fatah, Sekertaris Yayasan Hidayatullah Makassar Jumaruddin, dan Waka II STAI Al Bayan Muh Imran.

Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Prof Abustani Ilyas, mengatakan, kerja sama kedua perguruan tinggi merupakan sesuatu yang mutlak dilakukan sebab tidak mungkin menyelesaikan sendiri berbagai urusan dalam dunia pendidikan.

"Jika seseorang dapat menyelesaikan tiga pekerjaan dalam sehari, maka ketika ada tiga orang yang bekerja sama berarti ada sembilan pekerjaan yang bisa selesai dalam sehari tersebut," kata Abustani.

Ia mengatakan, perjanjian kerja sama ini menandai komitmen bersama untuk saling mendukung dalam bidang pendidikan, utamanya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, kolaborasi dalam penelitian serta pengabdian masyarakat serta pembangunan program bersama lainnya yang berpotensi memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dunia.

Serupa juga disampikan STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar Abdul Kadir, ia mengatakan, perjanjian ini bukan hanya sekadar dokumen, tetapi sebuah komitmen untuk memajukan pendidikan tinggi Hidayatullah secara umum khususnya dalam lingkup STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar.

Kemudian, Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Suwito Fatah merasa bangga atas kerjasama antar kedua instansi perguruan tinggi ini dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

"Alhamdulillah kerja sama ini hal yang monumental dan membanggakan kami apalagi menjelang Musyawarah Khusus Kampus Induk dan Kampus Utama Pesantren Hidayatullah serta Rakornas Perguruan Tinggi Hidayatullah yang akan berlangsung 7-8 Mei pekan depan," kata Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Suwito Fatah.

Menurut Suwito, perjanjian ini menjadi tonggak penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat bagi kedua lembaga pendidikan tinggi Islam tersebut.

Dengan perjanjian kerja sama tersebut, UIN Alauddin Makassar akan membuka pintu lebih luas bagi STAI Al Bayan dalam peningkatan kualitas SDM baik tenaga pengajar dan tenaga kependidikan maupun kegiatan pengabdian masyarakat.

Demikian pula untuk berbagai kegiatan ilmiah di tingkat program Sarjana (S1) dan Magister (S2), penguatan kelembagaan dan akademik, pelatihan, pengembangan kurikulum pendidikan dalam lingkup perguruan tinggi serta program-program ilmiah lain yang dianggap perlu oleh kedua belah pihak.

Perjanjian ini membuka peluang STAI Al Bayan menjadi mitra pelaksana perkuliahan untuk semua jurusan di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, baik tingkat magister maupun doktoral sehingga akan memudahkan alumni STAI Al Bayan maupun para kader Hidayatullah di seluruh Indonesia untuk melanjutkan pendidikan melalui STAI Al Bayan.

"Kader Hidayatullah bisa kuliah S2 dan doktoralnya UIN Alauddin di STAI Al Bayan," kata Kadir dan dibenarkan Ketua DPD Hidayatullah Makassar Dr Nasrullah Sapa Lc yang juga Sekertaris Jurusan di UIN Alauddin Makassar. Nasrullah yang menjadi fasilitator dari perjanjian kerja sama tersebut.

Previous Post Mahasiswa Keperawatan 2023 Adakan Baksos Sebagai Aktualisasi Pengabdian Masyarakat
Next Post Aktualisasi Teori, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Lakukan Kunjungan ke Prokopim Kota Makassa