Gambar Mahasiswa Profesi Ners UIN Alauddin Makassar Adakan Gerakan Seribu Kelor

Mahasiswa Profesi Ners UIN Alauddin Makassar Adakan Gerakan Seribu Kelor

UIN Alauddin Online - Mahasiswa Profesi Ners Angakatan 2023 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan Gerakan Seribu Kelor (GeSeK), di Desa Je’ne Madinging, Kabupaten Gowa, Rabu 24 April 2024.

Kegiatan tersebut terdiri dari skrining kesehatan, edukasi manfaat daun kelor, demonstrasi penanaman pohon kelor yang baik dan benar, serta pendampingan penanaman satu rumah satu pohon.

Salah satu mahasiswa profesi ners, Nadila Diana Muslimin mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. 

"Kami mahasiswa profesi ners angkatan 23 menyusun program GeSeK yang bertujuan membantu masyarakat dalam pengelolaan kesehatan melalui komsumsi tanaman herbal," ucapnya.

Lanjut, Nadila menjelaskan tanaman kelor dilipih sebagai tanaman utama karena mudah ditemukan dan sistem pengelolaannya yang tidak sulit.

"Kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yakni sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah hipertensi, membantu peningkatan produksi ASI, dan lainnya," jelasnya.

Ns Aidah Fitriani M Kep selaku dosen pembimbing berharap dengan adanya kegiatan ini, semua masyarakat bisa memanfaatkan kelor dengan baik.

"Kelor yang ditanam itu akan menjadi tanaman obat keluarga (toga) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit," Ia mengakhiri.

Previous Post Mahasiswa Keperawatan 2023 Adakan Baksos Sebagai Aktualisasi Pengabdian Masyarakat
Next Post Aktualisasi Teori, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Lakukan Kunjungan ke Prokopim Kota Makassa