MANAJEMEN KELAs
Manajemen Kelas adalah ketentuan-ketentuan teratur yang diperlukan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan kelas, atau tempat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Manajemen kelas juga dapat diartikan sebagai perangkat perilaku dan kegiatan guru yang diarahkan untuk menarik siswa dalam mengikuti proses belajar, serta meminimalisir segala sesuatu yang mengganggu belajar siswa. Manajemen kelas adalah seni dan praktisi kerja yang dilakukan oleh guru baik secara individu, dengan atau melalui orang lain seperti (team teacing dengan teman sejawat atau dengan siswa sendiri) untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Jika mengacu kepada proses manajemen, maka manajemen kelas juga memiliki proses, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Perencanaan merujuk kepada perencanaan pembelajaran dan unsur-unsur penunjangnya, yang meliputi program tahunan, program semesteran, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, instrument evaluasi, dan rubrik penilaian. Pelaksanaan bermakna proses pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa di kelas, sedangkan pengawas yang berwujud evaluasi pembelajaran, terdiri dari jenis evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pemekaran. (imam Gunawan dalam Alwan,2023:45)