Gambar FOOTNOTE HISTORIS  NABI MUHAMMAD SAW. DAN WARISAN INTELEKTUALNYA (16) by Ahmad M. Sewang

FOOTNOTE HISTORIS 
NABI MUHAMMAD SAW. DAN WARISAN INTELEKTUALNYA (16)
by Ahmad M. Sewang

Apa pokok pemikiran Muhammad Abduh?
Muhammad Abduh melakukan pembaharuan dalam pendidikan Islam dengan memgintegrasikan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Pendidikan baginya bukan hanya bertujuan mengembangkan aspek kognitif (akal), tetapi juga perlu menyelaraskan dengan aspek afektif (moral) dan psikomotorik (keterampilan).

Muhammad Abduh adalah salah satu intelektual dan pemikir reformis terkemuka dalam dunia Islam pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Dia dikenal karena perannya dalam mengadvokasi pembaharuan sosial, agama, dan pendidikan dalam dunia Islam.

Abduh berpendapat bahwa Islam harus diinterpretasikan kembali dengan memahami esensi ajaran-ajarannya dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pemikiran modern. Dia menekankan pentingnya ijtihad (usaha penafsiran dan analogi dalam hukum Islam) dan mendukung pendidikan modern serta pembaruan pendidikan di dunia Islam.

Abduh juga memandang bahwa agama dan sains tidak bertentangan, dan dia berupaya untuk menyatukan agama dan pemikiran ilmiah dalam pandangannya tentang Islam. Dia memegang peran penting dalam gerakan Salafiyyah, yang bertujuan untuk mengembalikan Islam ke akarnya yang murni.

Pengaruh Abduh sangat besar dalam dunia intelektual dan reformasi di dunia Islam. Dia adalah salah satu tokoh utama dalam upaya untuk membawa pembaruan dalam pemikiran dan praktek ini Islam serta memperkuat kembali posisi agama dalam kehidupan modern.

Wasalam,
GFM, 25 Oktober 2023 M/10 R. Sani 1445 H