Beberapa Teori tentang Manajemen kelas
Manajemen kelas merupakan keterampilan guru, untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar (usman 2002,/97. Manajemen kelas merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mendorong munculnya tingkah laku siswa yang di harapkan, dan menghilangkan tingkah laku yang tidak diharapkan, mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dalam iklim sosio emosional kelas yang efektif(winata putra dkk, 1999/26-27. Menurut arikunto (1992:67) Manajemen kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu, dengan maksud demi tercapainya kondisi yang optimal, sehingga dapat terlaksana kegiatan pembelajaran seperti yang diharapkan. Menurut Dia marah(2000:173) Manajemen kelas adalah suatu upaya mendayagunakan potensi kelas yang seoptimal mungkin untuk mendukung proses interaksi edukatif mencapai tujuan pembelajara. Menurut Suhardan dkk(2009:106) Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik kemampuan mereka. Atau dapat dikatakan juga bahwa, manajemen kelas merupakan usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistimatis