Gambar Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Ilmu Hukum Gelar Workshop penyusunan RPS dan Modul STILeS

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Prodi Ilmu Hukum Gelar Workshop penyusunan RPS dan Modul STILeS

UIN Alauddin Online - Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Tahun Akademik 2020/2021, Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin menggelar Workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan modul Student Teacher Integrated Learning System (STILeS) di Hotel Amaris Pettarani, Rabu (10/02/2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Dekan FSH, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Sekretaris Program Studi Ilmu Hukum, serta seluruh dosen yang bergelut dan mengajarkan mata kuliah Ilmu Hukum dan Hukum Islam.

Dalam sambutannya, Dekan FSH Dr H Muammar Muhammad Bakry Lc M Ag menyampaikan acara tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka peningkatan mutu akademik civitas akademika FSH UIN Alauddin.

“Melalui workshop ini, proses pembelajaran harus dilakukan secara terarah dan terukur, olehnya itu dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan suatu modul pembelajaran model terintegrasi antara dosen mahasiswa, modul dan kurikulum yang disususun haruslah sesuai dengan harapan dan tujuan Fakultas,” bebernya.

Dia menambahkan, dari kurikulum dan modul yang disusun itu diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang kemudian ketika diterapkan kepada mahasiswa dapat menjadi tolak ukur kualitas dan mutu pendidikan.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Hukum FSH Dr Rahman Syamsuddin, SH MH berharap workshop itu dapat menjadi wadah peningkatan kualitas dosen yang dapat mentransformasi keilmuan kepada mahasiswa.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi dosen dalam meningkatkan kualitas keilmuan yang kemudian dapat disampaikan kepada mahasiswa di kelas,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap proses pembelajaran dapat dilakukan secara terstruktur, terarah dan terukur. “Kegiatan ini juga merupakan proses persiapan akrediatasi 9 kriteria yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi,” katanya.

“Kami berharap kegiatan yang seperti ini dapat dilaksanakan setiap semester untuk mengevaluasi dan mempersiapkan kesiapan dosen sebelum memasuki proses pembelajaran,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dengan menghadirkan Narasumber, H Zulfahmi M Ag Ph D yang akan membahas mengenai Modul
STILeS dan Dr Hj St.Syamsudduha, M.Pd. yang akan membahas mengenai penyusunan RPS.*

Previous Post UIN Alauddin dan UNU Gorontalo Teken Kerjasama Program Pascasarjana
Next Post UKM LIMA Gelar Musyawarah Anggota