Gambar Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Berhasil Menyelesaikan Program Magang BUMN

Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Berhasil Menyelesaikan Program Magang BUMN

UIN Online - Sebanyak 12 Mahasiswa UIN Alauddin Makassar berhasil menyelesaikan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di 8 Perusahaan BUMN. Perusahaan ini tersebar di beberapa wilayah hingga kantor pusat Jakarta. Delapan perusahaan BUMN tersebut, antara lain: PT. Semen Tonasa,  PT. Pertamina (Kantor Pusat Jakarta), PT. Bank Rakyat Indonesia (Kantor Pusat Jakarta), PT. Perusahaan Gas Negara (Kantor Pusat Jakarta), PT. Pelindo IV, PT. Pegadaian (Kantor Cabang Makassar), PT. Indra Karya (Kantor Cabang Malang), dan PT. Industri Kapal Indonesia. 

Pelaksanaan PMMB ini berlangsung selama 6 bulan, dimulai sejak Januari sampai dengan Juli 2020. Program ini adalah tindak lanjut dari hasil MoU antara UIN Alauddin Makassar dengan perusahaan-perusahaan BUMN. Sejak tahun 2019 kami begitu giat membangun jejaring kerjasama dengan perusahaan BUMN melalui Career Development Centre (CDC) UIN Alauddin Makassar, sebagaimana salah satu Pancacita Pak Rektor bidang akademik, yakni membangun jejaring yang kuat "Ujar Dr. Kamaluddin Abunawas (Wakil Rektor Bagian Kerjasama UIN Alauddin Makassar). 

Terpisah, Direktur CDC UIN Alauddin Makassar Aulia Rahman Bato mengapresiasi hasil kerja Mahasiswa UIN Alauddin Makassar selama mengikuti program magang ini. Alhamdulillah, hasil monev yang kami lakukan dan laporan dari perusahaan BUMN cukup baik terhadap kinerja mahasiswa kami selama mengikuti program ini. Bahkan salah seorang mahasiswa kami berhasil membuat sebuah aplikasi yang dimanfaatkan oleh PT. Semen Tonasa "ujarnya. Mudah-mudahan dgn kinerja yang baik ini, jumlah quota pada batch kedua ini bisa ditingkatkan dengan jumlah program studi yang lebih variatif.

Program PMMB merupakan salah satu program unggulan CDC UIN Alauddin Makassar yang telah dirintis sejak tahun 2017. Program ini telah menjadi program nasional yang telah dituangkan dalam Nota Kesepahaman 5 Menteri, yakni Menteri BUMN, Menteri Pendidikan, Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian dan Menteri Ketenagakerjaan. PMMB secara teknis dilaksanakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dibawah naungan Kementerian BUMN. Sebanyak 146 perusahaan BUMN dan 136 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta telah tergabung dalam program ini.

Previous Post UIN Alauddin Bantah Kerjasama Program Ferienjobs Jerman
Next Post Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru