facebook

twitter

email
Bahasa :
Rabu, 12 Desember 2018


Kamis, 11 Oktober 2018 | Asrullah


UIN Online - Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Islam (Dirjen Pendis) Prof Dr Phil Kamaruddin Amin menemui sejumlah Pimpinan PTKIN Se Indonesia Timur untuk membahas program Seat In bagi mahasiswa IAIN Datokarama Palu. 

Langkah ini diambil lantaran sejumlah fasilitas kampus IAIN Palu mengalami rusak parah. Setelah dilanda gempa bumi dan tsunami bulan lalu. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Palu, ada 18 gedung mengalami rusak parah, empat gedung diantaranya rusak ringan, dan 10 gedung rata dengan tanah. Secara kseluruhan 90 persen rusak berat terutama di lantai satu.

Menurut Prof Dr Phil Kamaruddin Proses pembangunan kampus IAIN Palu akan dilakukan dengan tiga fase yaitu fase darurat dengan melakukan penggalangan dana secara sukarela dari berbagai pihak seluruh Indonesia, kemudian fase transisi dan fase rehabilitasi atau pembangunan.

Diupayakan IAIN PALU akan diberikan Program Pembangunan yang bersumber dari SBSN 2019 sekitar 100 Milyar untuk Rehabilitasi pembangunan Kampus IAIN Palu, ungkapnya di Hotel Claro Jalan Pettarani Makassar, (10/10/2018).

Terkait sejumlah kampus yang akan menerima Mahasiswa Seat In diharapkan bukan hanya bersifat mustami tetapi tetap ada nilainya.

Prof Dr Phil Kamaruddin Amin juga menambahkan agar kampus yang menerima mahasiswa Seat In melakukan diidentifikasi. Misal jumlah mahasiswa yang akan diterima, biaya transportasi, akomodasi, biaya kuliah, dan living cost. 

Jika perlu melakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dirjen Pendis dan PTKIN tempat mhs mengikuti Program Seat in sebagai payung hukum sebelum memastikan jumlah mahasiswa yang diterima dan waktu lama masa perkuliahan.

Saat ini, PTKIN yang telah menerima data mahasiswa seat in dari IAIN PALU yaitu 
dari IAIN Gorontalo telah menerima dua orang pendaftar, UIN Alauddin Makassar 45 orang pendaftar dan IAIN Palopo 2 orang pendaftar. Sementara jumlah mahasiswa IAIN Palu sebayak 7.050 orang. 

Sementara Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Musafir MSi akan menyederhanakan proses pendaftaran bagi mahasiswa seat in dari IAIN Palu, lalu kemudian pihak UIN Alauddin melakukan klarifikasi ke IAIN Palu.

Rektor juga melaporkan ke Pak Dirjen bahwa Saat ini UIN Alauddin Makassar sudah mengumpulkan donasi sebanyak kurang lebih 78 juta yang akan difokuskan untuk program seat in Mahasiswa IAIN Palu.

Program seat in untuk korban Bencana tsunami dan gempa bumi IAIN Palu dipelopori oleh UIN Alauddin Makassar.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Hafsan
16 Oktober 2018

Tenaga pendidik dan peneliti pada Jurusan ... Selengkapnya



oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]