facebook

twitter

email
Bahasa :
Rabu, 19 September 2018


Jumat, 06 Juli 2018 | Saefullah


UIN ONLINE- Rektor UIN Alauddin Makassar mengapresiasi terlaksananya kegiatan Workshop video pendek Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia (RI). Kegiatan tersebut berlangsung mulai pagi hingga menjelang sore dihadir oleh para pelajar mudah tingkat SLTA. Dilaksanakan di Auditorium kampus II UIN Alauddin Makassar, Kamis (05/07/2018).
Workshop yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Selatan (SulSel) bekerjasama dengan Bagian Kerjasama & Kelembagaan UIN Alauddin Makassar tersebut. Melibatkan para pelajar Sekolah Menengah Atas (SLTA) dari beberapa sekolah dari Kabupaten Gowa, Kabupaten Soppeng, Kota Makassar, dll sebagai peserta. Mendiskusikan antara lain peran generasi muda dalam penanggulangan radikalisme dan terorisme.

Prof Musafir Pababbari MSi pemegang kuasa tertinggi kampus peradaban UIN Alauddin Makassar, sepintas menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan radikalisme adalah mereka yang memiliki paham menolak pancasila. Radikalisme yakni paham yang menolak pancasila sebagai falsafah negara kesatuan republik Indonesia.
Pembangunan kesadaran berbangsa dan bernegara secara kolektif terhadap Masyarakat. Perlu perhatian besar terus-menerus dalam hal meningkatkan daya tangkal menyebarnya virus-virus radikalisme di negara ini. 
Guru Besar UIN Alauddin Makassar dalam lanjutan sambutannya di depan sejumlah pejabat dan tamu undangan yang hadir, ia mengatakan kegiatan ini perlu diapresiasi bersama karena bagian dari usaha untuk merekat dan membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, khusunya bagi para pelajar SLTA.
Sekretaris utama BNPT Adang Supriyadi mengatakan bahwa daikalisme dan terorisme adalah kejahatan luar biasa yang harus ditanggulangi bersama. Salah satu langkah untuk menghambat kelompok-kelompok tersebut yaitu dengan cara memperkuat nilai-nilai kearifan lokal.
Dosen Universitas Pertahanan Indonesia itu pun menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan antara lain untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda agar mereka dapat menghalau beni-beni pemikiran radikalisme. Dia pun berharap setelah kegiatan itu mereka kembali di sekolah masing-masing kemudian melanjutkan pesan-pesan BNPT dan FKPT dalam pencegahan paham-paham radikalisme.
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]