facebook

twitter

email
Bahasa :
Kamis, 26 April 2018


Senin, 26 Maret 2018 | Asrullah


Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Makassar Syamsul Alam, SKM, M. Kes. bersama Peneliti senior dari Puslitbangkes Dr. Sri Podji Hastuti, SKM., M. Kes memberikan pelatihan kepada Penanggung Jawab Teknis (PJT) dan para Enumerator.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Humaniora & Manajemen Kesehatan (Pusat 4 Puslitbangkes Kemkes RI) pada tanggal 19 hingga 27 Februari 2018 di Hotel Novotel Surabaya, Malang, Jawa Timur.

Pada pelatihan ini, PJT dan para enumerator dibekali kemampuan, keterampilan dan penguasaan isi kuesioner Riskesdas 2018 serta manajemen data. 

Selain  itu, mereka diajarkan teknik wawancara melalui kegiatan roleplay, keterampilan pengukuran antropometri gizi dan tekanan darah, serta praktek alur pengorganisasian dan pemeriksaan biomedis pada blok sensus biomedis.

Setelah pelaksanaan Training Center Enumerator, mereka nantinya akan melakukan pengumpulan data sesuai dengan tempat penugasan selama kurang lebih 40 hari.

Hasil pengumpulan data dari Riskesdas dianalisis oleh tim manajemen data Puslitbangkes dan hasilnya dimanfaatkan untuk perumusan berbagai kebijakan kesehatan baik di tingkat Nasional, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. Serta data Riskesdas 2018 dapat mengukur Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Indonesia.

Selain itu hasil riskesdas tahun 2018 akan digunakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Tahun 2019-2024. Ungkap Syamsul alam, SKM, M. Kes. Yang juga Eks Ketua BEM Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Tahun 2007/2008 ini.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]