facebook

twitter

email
Bahasa :
Rabu, 19 September 2018


Senin, 08 Januari 2018 | Asrullah


UIN Online - Tiap jumat, lobi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin selalu ramai. Sejumlah mahasiswa duduk melantai membaca buku. Sementara disebelah kiri lobi tersedia buku yang siap dibaca. Buku yang disajikan pun beragam, seperti buku filsafat, agama, sosial dan politik.

Jumat baca ini diinisisasi oleh Komunitas Readpublik. Sebuah Komunitas yang berfokus pada peningkatan budaya literasi yang berdiri sejak Maret 2017 lalu.

Selain di Fakultas Ushuluddin, Komunitas ini juga membuka taman baca tiap hari kamis di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dan sebulan sekali di kampus Universitas Islam Makassar di Perintis Kemerdekaan. 

Komunitas Readpublik membuka ruang kepada civitas kampus untuk berpartisipasi dalam penyebaran virus literasi dengan ikut menyediakan buku bacaan saat menggelar kegiatan taman baca, buku itu dapat diambil kembali setelah kegiatan lapak baca selesai. 

Makruf Nurhalis anggota Komunitas Readpublik mengaku saat ini beberapa mahasiswa maupun dosen sering ikut berpartisipasi dengan menyediakan bacaan saat menggelar taman baca.

Komunitas Readpublik didirikan oleh mahasiswa jurusan Akidah Filsafat UIN Alauddin Andi Alfian dan Makruf Nurhalis lantaran keprihatinan terhadap rendahnya minat literasi masyarakat Indonesia. 

Keprihatinan ini semakin meningkat melihat masalah ini juga menjangkiti kalangan mahasiswa. Ungkap Makruf Nurhalis, saat ditemui di lobi Fakultas Ushuluddin. Jumat (5/1/2017).

Selain membuka lapak baca, Program lain yang dilaksanakan oleh Komunitas Readpublik diantaranya kelas menulis, diskusi, mengelola webside readpublik.com sebuah medium penyaluran gagasan, yang menerbitkan tulisan dari anggota Readpublik dan masyarakat umum.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]