Gambar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Melakukan Perubahan Sistem PPL 2017

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Melakukan Perubahan Sistem PPL 2017

UIN ONLINE-  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar melaksanakan pembekalan Praktek Pengenalan Lingkungan (PPL) Reguler kepada para mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Lt. 1 Gedung Rektorat, Gedung Auditorium, dan Gedung CBP UIN Alauddin Makassar, Jumat (21/07/2017).

Ketua panitia PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. St. Syamsudduha, M. Pd. Mengatakan “Pembekalan PPL tahun 2017 berbeda dari tahun sebelumnya, pertama karena pembekalan ini mengadaptasi modul pelatihan praktik baik USAID PRIORITAS dan kedua kegiatan ini kami  desain untuk memenuhi tuntutan reformasi Lembaga Pendidik dan Tenaga Pendidikan (LPTK) untuk mencetak sarjana pendidik yang merupakan calon guru. Atas dasar aturan ini pula, tahun ini kami melaksanakan PPL dengan melakukan berbagai perubahan. Pertama, membiasakan mahasiswa dengan model pembelajaran yang aktif di kelas, yang biasanya pemateri datang, memberi materi dan kemudian pulang, saat ini pemateri akan mendampingi dan membimbing mahasiswa hingga detail-detail proses pembelajaran. Perubahan kedua, biasanya dosen hanya menunggu laporan mahasiswa yang telah melaksanakan PPL, sekarang, dosen akan terjun langsung ke sekolah untuk membimbing mahasiswa” ucapnya.

Secara keseluruhan, sebanyak 724 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan akan melaksanakan PPL tahun 2017, para mahasiswa terbagi dalam 3 jenis pelaksanaan PPL, yaitu, PPL Internasional, PPL Nasional, dan PPL Reguler. Pada PPL Internasional, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengirim mahasiswanya hingga ke Thailand.

Para mahasiswa akan diberi durasi waktu selama 4  bulan untuk melakukan PPL, durasi waktu itu akan dibagi dalam 3 bulan masa intensitas bimbingan dan 1 bulan masa pembuatan laporan. “Harapan saya adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mendapat pengalaman belajar yang lebih baik dari sebelumnya, hal ini karena mereka lebih terbimbing dan terkontrol” ujar Ketua panitia PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. St. Syamsudduha, M. Pd.

Previous Post Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Raih Akreditasi A dari Perpusnas RI
Next Post Kabar Duka! Dosen FTK UIN Alauddin Makassar, Muhammad Rusydi Wafat