facebook

twitter

email
Bahasa :
Senin, 20 November 2017


Rabu, 24 Mei 2017 | SEL


UINONLINE -- Bukan hanya mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang selama ini telah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat Regional maupun skala nasional.  Dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (24/05/2017) salah seorang siswi MI Madani Pao-Pao yang merupakan Lab School UIN Alauddin Makassar yang berada di bawah pengelolaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Aenaya Alifah Salman, juga berhasil menorehkan prestasi sebagai peringkat pertama dalam bidang matematika.

Aenaya Alifah Salman, siswi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Madani Pao-Pao, sebelumnya berhasil meraih peringkat pertama dalam kompetisi tingkat kabupaten Gowa. Selanjutnya Naya mewakili Kabupaten Gowa untuk berkompetisi dengan Madrasah Ibtidaiyah se Sulawesi Selatan, dan berhasil menjadi juara pertama yang akan mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat Nasional di Yogyakarta, Agustus mendatang.

Kegiatan KSM 2017 kali ini, dipusatkan di MTsN 1 Model Makassar dan diikuti oleh 324 orang siswa dan siswi, yang berasal dari 24 Kabupaten Kota Se Sulawesi Selatan. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ini digelar khusus bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah, Tsanawiyah, dan Ibtidaiyah dengan cabang lomba mata pelajaran, Matematika, fisika, biologi, kimia, geografi, Ekonomi, yang digabungkan dengan materi Agama Islam.

Hj. Yuspiani, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai Penanggung Jawab kegiatan ini menyampaikan bahwa melalui kompetisi ini kita dapat melahirkan generasi muda yang memiliki jiwa kompetitif, yang akan melahirkan semangat berinovasi dan memiliki motivasi untuk selalu menjadi yang terbaik. Namun kesemuanya dibungkus dan dibingkai oleh karakter dan nilai keislaman, seperti kejujuran dan kedisiplinan.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Abd Wahid Thahir mengatakan bahwa,  "Tahun ini KSM dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan dijamin tidak ada kecurangan dan manipulasi di dalam proses seleksi" Tahir berharap agar dari kegiatan ini akan lahir juara terbaik yang mewakili Sulsel di ajang nasional yang akan dilaksanakan di Yogyakarta, pada Agustus mendatang.  

Tahir menegaskan bahwa untuk mendapat Juara terbaik, “harus dimulai dari seleksi yang baik juga. Kita harus profesional," ujarnya.

"Tahun ini, kita mengharapkan peserta KSM Sulsel bangkit meraih Juara di tingkat nasional. Karena kita Mau Madrasah lebih baik dan Lebih Baik Madrasah" Tandasnya.

 

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]