facebook

twitter

email
Bahasa :
, 19 November 2017


Rabu, 12 April 2017 | saeful


UIN ONLINE – Gamang, atau ngeri melihat fenomena HOAX yang merebak dengan begitu masifnya di tengah-tengah masyarakat, membuat Jurusan Komisi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, berinisiatif menggelar seminar internasional.

Seminar Internasional itu difokuskan untuk membahas fenomena HOAX dan Hate Speech serta upaya yang mesti dilakukan dalam menangkal pengaruhnya yang begitu buruk. Memang, melalui media sosial, akhir-akhir ini bertebaran begitu banyak HOAX dan Hate Speech yang pengaruhnya sangat berbahaya bagi tatanan kehidupan sosial masyarakat.  

Hadir Sebagai pembicara dalam Seminar Internasional itu adalah, Prof. Dr. Hasan Zamani dari Al-Mustafa Internasional University  of Iran, Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, M.A pendiri Institut PARAHIKMA Indonesia, Dr. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain, M.Si Rektor Universitas Islam Makassar, dan Dr. Hakimelai.
Seminar internasional yang diadakan di auditorium kampus II UIN Alauddin Makassar ini, (11/04/2017) dihadiri oleh dosen dan mahasiswa lingkup UIN Alauddin Makassar.  

Prof Hamdan Juhannis, M. A. Ph.D, Wakil Rektor IV, yang mewakili Rektor UIN Alauddin saat membuka secara resmi seminar ini menyatakan,  bahwa menurut sebuah hasil penelitian ditemukan, bahwa 70% berita yang diterima di  media sosial mengandung informasi HOAX/bohong. Karena itu ia menganjurkan agar setiap orang berupaya mengantisipasi fenomena ini.

Wakil rektor bidang kerjasama itu lebih tegas mengatakan hoax itu sangat berbahaya dan juga kejam. Apalagi jika hoax itu mengandung unsur kebencian pada seseorang atau suatu kelompok tertentu. Menurut guru besar penulis buku Melawan Takdir ini, dengan menebar berita bohong yang kemudian dibaca oleh orang lain dapat menimbulkan perselisihan bahkan konflik antara satu dengan yang lainnya, itulah sebabnya kenapa kita mengatakan hoax itu sangat kejam.

Guru besar ilmu filsafat ini akhirnya menyatakan, bahwa dalam menangkal berita Hoax dan Hate Speech ini, kita membutuhkan peran langsung para ulama dan juga melakukan upaya penyadaran kepada seluruh lapisan masyarakat terhadap buruknya prilaku Hoax dan Hate Speech ini. Seminar ini adalah salah satu bukti nyata, upaya untuk menangkal pengaruh Hoax dan Hate Speech yang dilakukan dan diinisiasi oleh jurusan KPI.  

 

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]